Rabu, 20 April 2016

Sekolah Untuk Cerdas dan Berkarakter

Menjadi sekolah yang bernafaskan Islam bukanlah sesuatu yang sepele apalagi jika dikatakan mudah. Sekolah bernafaskan Islam kini telah menjadi kebutuhan mendasar dan mulai menjamur baik di kota-kota besar macam Surabaya maupun di kota kecil macam Jombang. Namun banyak kalangan bertanya-tanya sebenarnya apa yang bisa ditawarkan sekolah-sekolah macam ini. Tentunya kita tahu bahwa bangsa ini memiliki kecenderungan penurunan kualitas moral yang benar-benar signifikan jika kita bandingkan dengan tempo beberapa dekade lalu. Banyak orang tua yang mulai waspada mengenai perkembangan anaknya.
Saat ini masyarakat tidak hanya menuntut generasi muda yang cerdas namun juga berkarakter, bukan hanya kemampuan akademik namun juga budi pekerti. Tentunya untuk menghadapi hal semacam ini kita harus mulai sejak dini dansecara berkesinambungan menanamkan nilai moral dan akhlaq pada diri anak salah satunya lewat tuntunan agama Islam. Anak-anak yang dididik dalam lingkungan Islami tentu akan mencerminkan sikap Islami pula. Sebaliknya anak-anak yang dididik dalam lingkungan non-Islami juga akan memiliki peluang besar terpengaruh dalam pergaulan yang kurang kondusif bagi perkembangannya.
Karena hal ini memilih sekolah bukanlah hal yang sederhana dan mudah. Akan tetapi ada beberapa poin yang patut kita pertimbangkan dalam memilih sekolah bagi anak-anak kita, diantaranya :
  1. Pilih sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter
  2. Pilih sekolah yang memiliki program pendidikan yang jelas
  3. Pilih sekolah dengan pendidikan Al-Qur'an yang kuat
  4. Pilih sekolah yang tetap mengedepankan keseimbangan antara moral dan akademik
  5. Pilih sekolah yang memberikan pembiasaan harian yang baik
Dengan memperhatikan poin tersebut kita akan menemukan sekolah yang paling tepat bagi anak-anak kita sehingga kecerdasan yang dimiliki anak kita akan diimbangi dengan karakter baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar