Rabu, 20 April 2016

Gara-Gara Rambutan Lolos LKTI Sampai Tingkat Jawa Timur

Beberapa waktu lalu kelompok siswa siswi SMP Islam Roushon Fikr mendapatkan kesempatan untuk menjadi finalis dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Jawa Timur. Kelompok siswa yang diketuai Edar Aulia Octova Rahmani dan dianggotai Afdhal Haykal serta Ahmad Rafii ini sukses membuat sebuah teknologi tepat guna yang sangat mudah diaplikasikan bagi masyarakat secara umum.
Berawal dari gangguan semuat yang sering ada di lingkungan sekitar rumah mereka, mereka mencoba mencari formula untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, limbah kulit rambutan yang ada di sekitar mereka juga menjadi maslah yang harus diselesaikan khususnya pada musim rambutan seperti sekarang ini. Akhirnya tercetuslah suatu ide dimana kulit rambutan yang memang memiliki rasa khas pahit dan getir ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan formula pengusir semut yang ramah lingkungan. Hasilnya pun bisa dikatakan membanggakan sehingga memabawa mereka bertiga lolos dalam Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Jawa Timur di Kota Gresik.
Iklim penelitian memang mutlak diperlukan dan harus diajarkan sejak dini sehingga bukan tidak mungkin suatu saat akan muncul peneliti-peneliti muda dengan inovasi yang akan sangat berguna bagi masyarakat khusunya dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar